Kamis, 07 April 2011

Penataan Interior Part_01 (Ruang Tidur)

Ruang Tidur merupakan ruangan yang sangat penting bagi setiap orang. Bahkan seorang anak akan menuntut pada Orang Tua agar menyediakan ruang tidur pribadi untuknya. sehingga dengan banyaknya anak dalam keluarga dipastikan akan membutuhkan banyak ruang tidur. Secara umum manusia sangat membutuhkan sebuah tempat yang privasi bagi mereka. sebuah tempat yang akan memberikan kebebasan pada mereka untuk melakukan hobi mereka. Untuk itu beberapa hal yang harus di perhatikan dalam penataan ruang tidur akan kami bahas dalam artikel ini.

sebelum melakukan penataan, perlu kiranya kita mengetahui peruntukan ruang tidur tersebut. Apakah untuk balita, Anak-anak, Remaja atau dewasa. bahkan ukuran badan pemiliknya juga harus kita perhatikan.

Layout Ruang Tidur
Sebelum kita meracang. pastikan kita telah mengetahui ukuran kamar sesuai dengan pengukuran kembali. kadang ukuran di gambar tidak persis sama dengan ukuran yang di buat.

Setelah melakukan pengukuran. gambarlah Layout kamar tersebut dengan gambar manual ataupun digital.

Penggambaran telah selesai di lakukan. dan sekarang waktunya untuk menentukan furniture apa saja yang akan diletakan di ruangan tersebut. usahakan untuk tidak memasukan furnitur terlalu banyak. agar kamar terasa lebih leluasa. Maka, sbelumnya. perhatikan fungsi  yang kamar tersebut apakah hanya untuk tidur saja atau punya fungsi lain seperti untuk kerja, bersantai, atau bermain (pada kamar tidur anak). pada kasus ini kami mengambil contoh Penataan Kamar Tidur dengan fungsi tunggal yaitu hanya untuk kegiatan beristirahat atau tidur.
Layout Furniture

Setelah kita selesai memilah furniture yang akan menjadi bagian dari kamar tersebut. maka langkah selanjutnya yaitu menentukan layout furniture tersebut.

Dalam pembuatan Layout Kamar tidur. Usahakan Tempatkan terlebih dahulu Dipan yang merupakan furniture yang memiliki ukuran yang paling besar dan menjadi inti dari kegiatan di ruangan tersebut. pada kasus ini kami memilih Dipan Type Queen dengan dimensi 140 cm x 195 cm. penempatan tersebut harus memperhatikan layout ruangan. Artinya, perhatikan dinding yang mana yang akan menjadi "point of interest" yaitu dinding yang akan di hias secara maksimal.


Tampak Atas Denah
Setelah Dipan selesai di tempakan maka kita tempatkan beberapa furniture lainnya. seperti lemari pakaian. Tempat rias (jika dibutuhkan) dan furniture lainya.

pada gambar di bawah, kami menempatkan Dipan di tengah supaya kegiatan bisa dilakukan di tiga sisi, yaitu sisi kanan, kiri, dan depan. Dan kebetulan pada desain kami. kami tidak terlalu banyak menggunakan furniture. Furniture yang kami gunakan yaitu, Dipan, lemari Pakaian, Box penyimpanan, serta beberapa lukisan dan penambahan back drop.

View_01
Terlihat keleluasaan penghuni kamar ketika Ia mulai masuk kamar dan melakukan kegiatan di dalam.

Sisi Jendela dan pintu kami jadikan sebagai sisi sirkulasi, sehingga udara dan cahaya dapat bebas keluar masuk kamar. Selain itu pada sisi jendela, kami menyediakan area sirkulasi untuk penghuni kamar agar Ia dapat menikmati pemandangan luar ruangan melalui jendela.

Dan Pada sisi sebelah kiri pintu, kami menjadikannya sebagai "Point of Interest" yaitu dengan menempatkan lemari di sisi kanan dan kiri Dipan. dan pada bagian tengah Kami mengolahnya dengan Wallpaper ditambah dengan stand lamp yang akan membuatnya hidup pada malam hari.
View_02


Sedangakan pada sisi kanan pintu, kami mengolahnya dengan menempelkan lukisan dinding dengan ukuran 30 cm x 30 cm sebanyak 4 buah dan sebuah reliefe dengan downlight.






0 Coment: