Senin, 11 April 2011

Bambu sebagai Elemen Utama Bangunan (Part_01)

Pada dasarnya, sebuah karya Arsitektur sangatlah unik, apapun bisa dijadikan karya, dengan kata lain Arsitek merupakan "Recycle Team in the word" yaitu sebuah profesi kreatif yang mampu memberikan solusi terhadap masalah di dunia.

Pada posting kali ini, Kami akan menjelaskan sebuah bangunan terbentuk ketika Bambu menjadi elemen Utama dalam Bangunan tersebut.

Bambu, merupakan tanaman yang paling fungsional dari sekian banyaknya tanaman di dunia ini. kenapa tidak, dari zaman dahulu hingga zaman modern saat ini bambu selalu menjadi sesuatu yang dapat memberikan banyak manfaat bagi manusia terutama di Insonesia

Contohnya ketika seseorang mulai lahir kedunia ini, masyarakat tradisional Indonesia menggunakan bambu untuk memotong tali ari-ari sang bayi. selain itu, untuk kaum laki-laki bambu telah menjadi alat yang sangat penting, yaitu alat untuk memotong kuncup "Mr. P" pada saat melakukan sunatan (dilakukan oleh Masyarakat Muslim). selain itu beberapa fungsi lain dari bambu adalah sebagai alat rumah tangga, alat penerangan, serta sebagai bahan rumah sekalipun.

Cafee Bambu-Bagedur Beach


Pada satu kesempatan, Kami mendapatkan project membuat sebuah cafee di pesisir Pantai Bagedur-Malingping-Lebak-Banten.

Pada kasus ini, kami memilih bahan yang kuat menahan ganasnya arus laut serta mampu memberikan estetika yang tinggi pada bangunan. dan kriteria tersebut ada pada Bambu.
Pada penerapannya, kami menggunakan beberapa jenis bambu untuk kolom, dinding, serta rangka atap.

0 Coment: