Senin, 14 November 2011

Teknik Sketsa (Part II) - Garis

Pada Posting Sebelumnya, kita telah mempelajari tentang sketsa, bagaimana kita memulai membuat sketsa. Dan pada postingan kali ini, Kami akan menmberikan gambaran tentang teknik dasar sketsa yang dimulai dengan penganalan garis bantu dalam proses pembuatan sketsa.


Terdapat beberapa jenis garis bantu yang harus diperhatikan dalam proses pembuatan sketsa. Garis-garis tersebut merupakan garis khayal yang akan mempermudah kita dalam membuat gambar sketsa perspektif secara proporsional.


  1. GARIS HORIZON
Garis Horizon sering juga disebut garis cakrawala atau garis khayal merupakan jarak terjauh mata, dengan kata lain garis ini menjadi titik terjauh dalam sebuah gambar. Garis Horizon juga merupakan garis yang sejajar dengan pandangan mata, dimana garis ini berada pada titik nol dari mata dan menjadi titik acuan tinggi sebuah masa.

Untuk melihat posisi garis horizon dalam pandangan nyata mata manusia, kita bisa melihatnya ketika kita berdiri pada daerah yang lapang seperti pantai dan memandang ke atah laut lepas. Pada pandangan kita, akan terlihat sebuah garis akhir lautan yang bersentuhan langsung dengan langit. Tapi, pada dasarnya itu merupakan titik terjauh pandangan mata kita.


  1. GARIS TANAH
Garis tanah merupakan garis terdekat dengan mata manusia (pengamat). Dimana ukuran ukuran skalatis yang sebenarnya berada pada garis Tanah. Jarak antara Garis Tanah dengan garis Horizon sesuai dengan posisi si pengamat yaitu 165 cm atau 170 cm untuk pengamat yang berdiri, 80 - 100 cm untuk pengamat dengan posisi duduk dan seterusnya.

"Lihatlah ke Ujung Lautan itu, Meskipun Dunia ini tidak berujung. Tapi kemampuan mata manusia dalam memandang itu memiliki batasan. Seperti umur manusia di Bumi ini yang memiliki batas akhir" GOEMILAR|asep



2 Coment:

berarti kedua garis tersebut sebagai pembatas ambang atas dan bawah. .ya simplenya apa fungsi dari kedua garis tersebut??

Garis Horizon : Berasal dari bahasa Yunani Orizein=Membatasi, Garis Horizon berfunfsi sebagai pembatas antara bidang langit dan bidang bumi. dan pada kasus gambar prespektif atau sketsa, garis horizon ini berfungsi sebagai pemisah antara benda yang berada lebih rendah dari mata pengamat atau lebih tinggi dari mata pengamat.

Garis Tanah : Memiliki fungsi sebagai bidang dasar tanah atau bumi. dengan adanya garis tanah, kita bisa mengetahui apakah suatu benda berada tepat di dasar tanah atau melayang.

Terimakasih