Sabtu, 31 Maret 2012

Rumah Maleo - Partner with CASANI


Pada kesempatan kali ini saya persembahkan sebuah konsep tampak untuk hunian di lahan sempit yang membutuhkan kesan Modern, Clear dan simple.
Project ini saya kerjakan pada saat saya bekerja sebagai Junior Arsitek di Salah satu perusahaan Konstruksi (Kontraktor) di Daerah Bintaro sektor 9 yaitu PT. CASANI. Rumah Maleo, merupakan project pribadi General Manager PT. CASANI yang awalnya akan digunakan sendiri atau sebagai Mess Karyawan Perusahaan itu.
Lahan Garapan pada project ini bukanlah lahan Kosong, tapi sebelumnya berdiri perumahan standar dengan desain yang kurang cocok dengan karakter sang pemilik. Maka, untuk itu dilakukanlah Renovasi besar-besaran, dimulai dari pengolahan layout hingga pengolahan tampak bangunan.



Rumah ini berdiri di atas lahan sempit seluas 92 Meter persegi (8 m x 11,5 m) dengan kondisi lahan berada di area berderetan dengan tetangga. Sehingga dibutuhkan Penataan Layout yang baik.

Pada Perencanaan layout ruangan lantai 1, diusung sistem open space dengan meminimalisir pemakaian dinding masif. Sehingga ruangan akan terasa lebih luas meskipun lahan bangunan sangat sempit.


Sedangkan untuk lantai 2, diperuntukan sebagai zona private dimana penghuni rumah akan merasa nyaman ketika melakukan aktifitas pribadinya. dengan menempatkan 2 kamar tidur penghuni di area depan dan 1 kamar tidur pembantu di sampingnya.


Unttuk Pengolahan tampak bangunan, saya menggunakan kubical sistem, dimana bentuk-bentuk modern akan terasa kuat ketika kita mebuat garis garis siku pada tiap sudut muka.

Penggunaan Material Alami pada tampak bangunan akan memberikan kesan tropis namun masih terasa modern. Bentuk kotak pada fasade menjadi vocal point bangunan dengan bahan Kayu sintetis yang tahan terhadap cuaca. serta pewarnaan alami yang kuat akan memiliki citra clear.




0 Coment: